Berita

Wakili Kakankemenag Bonebol Ishak Husain Hadiri Sosialisasi KTP

Rabu, 10 Juli 2024 15:24 WIB
  • Share this on:

BONEBOL (Kemenag.go.id) - Mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Ishak Husain, hadir pada kegiatan Sosialisasi Kekerasan Terhadap Perempuan (KTP) bertempat di Hotel Tuwawa. Kabupaten Bone Bolango, Jumat (05/07/2024).

Kegiatan KTP ini diselenggarakan oleh Sekertariat Daerah Provinsi Gorontalo dengan mengusung tema Cegah Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), Perempuan Berdaya Anak Terlindungi,". Ishak Husain menjelaskan peran Kementerian. Agama terkait anak, pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan tindak pidana pidana perdagangan orang.

Kementerian Agama, melalui Inspektorat jenderal, telah mengambil langkah maju dengan melakukan pendampingan program pengarusutamaan gender dan perlindungan anak di madrasah-madrasah di seluruh Indonesia, lebih khusus yang ada di Madrasah se-Kabupaten Bone Bolango.

"Untuk pencegahan kekerasan terhadap perempuan Kementerian Agama telah menerbitkan Peraturan Menteri Agama (PMA) tentang Penanganan dan Pencegahan Kekerasan Seksual di Pendidikan pada Kementerian Agama. PMA No tahun 2022 ini ditandatangani oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pada 5 Oktober 2022 dan mulai diundangkan sehari setelahnya PMA ini mengatur tentang upaya penanganan dan pencegahan kekerasan seksual di satuan Pendidikan pada Kementerian Agama, Satuan Pendidikan mencakup jalur pendidikan formal, nonformal, dan informal, serta meliputi madrasah, pesantren, dan satuan pendidikan keagamaan," jelas Ishak.

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Dinas P2TP2A Provinsi Gorontalo Budiono Samua, Kepala Unit UPPA Polda Gorontalo Serta Peserta terdiri dari Forkompinda, Perwakilan Camat dan Kepala KUA serta Forum Anak Kabupaten Bone Bolango.

Editor:
Tim Humas Kemenag
Kontributor:
Tim Humas Kemenag
Penulis:
Tim Humas Kemenag
Fotografer:
Tim Humas Kemenag

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -