Berita

Langkah Cepat Kemenag Bonebol Terhadap Identifikasi dan Pembinaan Aliran Paham Keagamaan

Jumat, 15 Desember 2023 08:18 WIB
  • Share this on:

BONEBOL (Kemenag.go.id) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) melalui Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam lakukan indentifikasi aliran paham keagamaan dengan mengunjungi 3 (tiga) Desa. Lokasi yang dikunjungi yakni Kantor Desa Butu Kecamatan Tilongkabila, Desa Talulobutu Selatan dan Desa Talumopatu Kecamatan Tapa, Selasa (05/12/2023).

Saat melakukan kunjungan, Kepala Kantor Kemenag (Kakankemenag) Sabara Karim Ngou bersama Kepala Seksi (Kasi) Bimas Islam Ishak Husain dan Tim berkoordinasi untuk menganalisis permasalahan aliran paham keagamaan dengan melibatkan Kepala KUA Kec Tilongkabila Yunus Assagaf, dan Kepala KUA Kec Tapa Irwan, dan Pemerintah Desa.

Atas koordinasi tersebut, Kakankemenag menyampaikan Pemerintah Desa bersama Kepala KUA Kecamatan telah melakukan pembinaan kepada pihak yang terindentifikasi memiliki aliran paham keagamaan, sehingga permasalahan dapat teratasi. Namun, Kemenag Kabupaten Bonebol akan terus melakukan koordinasi dan memantau untuk mencegah pergerakan yang menimbulkan konflik dan keresahan masyarakat.

"Kami telah melakukan langkah cepat untuk mengidentifikasi dan melakukan pembinaan bersama pemerintah desa, selanjutnya kami akan terus memantaunya, agar tidak terjadi perilaku menyimpang yang dapat menimbulkan konflik dan keresahan di masyarakat," jelas Sabara

Ishak menambahkan, ia akan menekankan kepada seluruh penyuluh agama di setiap kecamatan untuk dapat lebih memperluas binaan agar masyarakat tidak akan mudah terpengaruh dengan ajakan orang lain yang bisa saja memiliki aliran paham keagamaan yang tidak sesuai syariat.

"Semua Penyuluh Agama Islam di setiap Kecamatan ini kita akan arahkan agar lebih memperluas binaannya, untuk menjaga masyarakat dari masuknya aliran paham kegamaan yang menyimpang," pungkas Ishak.

 

Editor:
Tim Humas Kemenag
Kontributor:
Tim Humas Kemenag
Penulis:
Tim Humas Kemenag
Fotografer:
Tim Humas Kemenag

Kalender

Mei 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -