Berita

Kakankemenag Jelaskan Tujuan Kalibrasi Arah Kiblat di Masjid Al-Ikhlas Desa Bunuo

Jumat, 28 Oktober 2022 14:46 WIB
  • Share this on:

 

BONEBOL (kemenag.go.id) - Melalui Seksi BIMAS Islam Kementerian Agama Kabupaten Bone Bolango kembali lakukan Kalibrasi Arah Kiblat di Desa Al-Ikhlas Desa Bunuo Kecamatan Bulango Utara, Jum'at (28/10/2022).

Kalibrasi tersebut diikuti oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) Arfan A. Tilome, bersama Kepala Seksi (Kasi) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Salman H. Ali, Kepala KUA Kecamatan Bulango Utara Haryono Paputungan, Tim Satuan Tugas (Satgas) Cerah Desa Bunuo, dan Tim Seksi Bimas Islam.

Dalam kesempatan tersebut Kakankemenag menjelaskan hasil survei Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Gorontalo menemukan bahwa 75% Masjid yang ada di Gorontalo tidak menghadap kiblat. Dimana hal tesebut bertentangan dengan salah satu syarat sahnya shalat bagi umat Islam.

"Berdasarkan survei yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Gorontalo ditemukan 75% Masjid yang ada di Gorontalo tidak menghadap kiblat. Dimana hal tesebut bertentangan dengan salah satu syarat sahnya shalat ." Ungkap Arfan

Beliau menambahkan tugas dari Kementerian Agama adalah untuk mengarahkan Masjid-masjid untuk bisa menyesuaikan arah Kiblat dengan benar dan tepat, agar syarat sah shalat dapat terpenuhi.

"Oleh karena itu, tugas dari Kementerian Agama adalah untuk mengarahkan Masjid-masjid untuk bisa menyesuaikan arah Kiblat dengan benar dan tepat, agar syarat sah shalat dapat terpenuhi." Tambah Beliau

Menurut hasil pengukuran yang telah dilakukan bersama, Masjid Al-Ikhlas Desa Bunuo memiliki perbedaan 2o (dua derajat) kearah utara dari arah kiblat sebenarnya. Dimana untuk Negara Indonesia di Wilayah Gorontalo ketentuan arah kiblatnya adalah 21o (dua puluh satu derajat) 30 (tiga puluh) detik.

Kontributor:
Amalia Isima
Penulis:
Amalia

Kalender

Mei 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -