Berita

Jadwal Pelunasan Biaya Haji Telah Ditetapkan, Seluruh Jemaah Haji Diwajibkan Segera Lakukan Rikes

Jumat, 15 Desember 2023 09:44 WIB
  • Share this on:

BONEBOL (Kemenag.go.id) - Jadwal pelunasan biaya haji 1445 H/ 2024 Tahap 1 telah ditetapkan pada tanggal 9 Desember 2023, sehingga seluruh jemaah haji yang telah masuk pada daftar penetapan kuota dihimbau agar dapat segera melakukan Pemeriksaan Kesehatan (Rikes).

Untuk menindaklanjuti hal tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bone Bolango Sabara Karim Ngou bersama Plt. Kepala Seksi Penyelengaraan Haji dan Umrah (PHU) Jasmin Hilomalo ikuti rapat koordinasi bersama Bidang PHU Kanwil Kemenag Provinsi Gorontalo, Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo dan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, bertempat di Gedung Bir Ali Asrama Haji Gorontalo, Rabu (06/12/2023).

Berdasarkan data sementara Bone Bolango memiliki presentase pemeriksaan kesehatan terbanyak, karena sudah lebih awal melakukan pertemuan dengan seluruh jemaah haji pada bulan Oktober 2023.

“Dari total 108 Jemaah haji Bone Bolango, sudah 75 jemaah yang telah melakukan pemeriksaan kesehatan tahap awal,” kata Sabara

Namun menurutnya yang terpenting saat ini adalah bagaimana Kemenag dan Dinas Kesehatan terus bersinergi, memberikan edukasi tentang Istitha’ah kepada seluruh jemaah, karena yang bisa melakukan pelunasan biaya haji tahap 1 hanya untuk jemaah haji yang telah memiliki surat keterangan Istitha’ah dari Dinas Kesehatan setempat.

“Yang harus kita lakukan saat ini adalah terus memberikan edukasi tentang Istitha’ah kepada seluruh jemaah haji tahun 1445 H/2024 M, agar mereka lebih dapat memahaminya, melakukan pola hidup sehat dan rutin memeriksa kesehatannya,” pungkas Sabara

Perwakilan Dinas Kesehatan Bone Bolango menambahkan, untuk mempermudah jemaah, maka mereka telah membuka Lima tempat pemeriksaan kesehatan yaitu pada Puskesmas Kecamatan Suwawa, Tapa, Kabila, Tilongkabila dan Bonepantai.

Editor:
Tim Humas Kemenag
Kontributor:
Tim Humas Kemenag
Penulis:
Tim Humas Kemenag
Fotografer:
Tim Humas Kemenag

Kalender

Mei 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -